CMS WordPress dan tutorial penginstalan di localhost

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya(programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog. WordPress.com dan WordPress.org WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com danWordPress.org.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic.

Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.comsudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress.

Selanjutnya,     CMS      ini      dapat     diubah     ulang      selama     seseorang     menguasai PHP, CSS dan skriplain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Model Bisnis WordPress

Pada model bisnis wordpress keuntungan bisnis yang paling utama didapatkan dari layanan premium terbukti dengan adanya akun premium yang terdaftar pada blog.

Kelebihan :

  1. Open Source
  2. User friendly
  3. Temanya bervariant
  4. Widgetnya lengkap dan mudah digunakan.

Kekurangan :

  1. Plugin yang tersedia tidak dapat ditambah
  2. Javascript tidak dapat digunakan saat ingin memasang iklan

Berikut Instalasi nya di localhost :

  1. Copy kan file cms wordpress ke C:\xampp\htdocs . ekstrak terlebih dahulu jika file berbentuk .rar dan jika belum punya file nya bisa di download di https://wordpress.org/ideas/topic/wordpress-cms
  2. Buka xampp jalankan Apache dan MySQL, buka browser ketikan localhost/wordpress (disini file nya saya beri nama wordpress)
  3. Nanti akan tampil halaman awal seperti ini, pilih bahasa yang agan inginkan1
  4. Jika sudah akan tampil form pengisian database, ini digunakan ketika agan ingin menyimpan file di database, jika belum tahu agan bisa cari sendiri tutorial cara membuat database di xampp. Oh iya, jika agan tidak membuat akun di phpmyadmin, bisa menggunakan akun default isi aja username dengan root tanpa password. (untuk database host isi dengan localhost saja)2
  5. Lalu akan tampil seperti digambar, klik run the install

    3

  6. Di form ini isi data diri agan, isi sesuai keinginan dari hati agan

    4

  7. Tadaa cms wordpress nya sudah terinstal, kemudian login terlebih dahulu5
  8. Yaps ini tampilan awal nya, dan proses intalasi sudah selesai

6

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s