MasterCard

MasterCard Worldwide (NYSE: MA) merupakan organisasi keanggotaan (semacam koperasi dengan anggota perusahaan-perusahaan) yang dimiliki oleh lebih dari 25.000 institusi keuangan yang menerbitkan kartunya. MasterCard adalah merek dari kartu kredit yang diterbitkan perusahaan tersebut. Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh United California Bank, Wells Fargo, Crocker National Bank, dan Bank of California, dengan tujuan untuk menyaingi BankAmericard yang diterbitkan oleh Bank of America. BankAmericard sekarang adalah kartu kredit VISA yang diterbitkan oleh Visa International. Saat ini merupakan saingan dari VISA.

Pada tahun 1966, kelompok usaha perbankan di California membentuk suatu kelompok bernama Interbank Card Association (ICA). Anggotanya ialah United California Bank, Wells Fargo, Crocker National Bank, dan Bank of California. Dengan bantuan dari Marine Midland Bank (kini HSBC Bank USA dari kota New York, dan tujuan untuk menyaingi kartu kredit milik Bank of America, bank-bank tersebut bekerjasama dengan ICA, untuk mengeluarkan kartu kredit “Master Charge: The Interbank Card”. Sewaktu First National City Bank of New York menggabungkan kartu kredit The Everything Card ke Master Charge pada tahun 1969, kartu kredit ini diberikan dorongan signifikan.

Pada tahun 1979, “Master Charge: The Interbank Card” diberi nama yang cukup dikenal, MasterCard. Pada awal era 1990an MasterCard membeli kartu kredit Access di Britania Raya, dan menghentikan penggunaan nama “Access”. Pada tahun 2002, MasterCard International bergabung dengan Europay International, kartu kredit asosiasi penerbit besar Eropa, yang selama bertahun-tahun menerbitkan kartu dengan nama Eurocard.

Pada tahun 2006, MasterCard International melakukan perubahan nama dengan nama baru, MasterCard Worldwide. Ini dilakukan dalam rangka untuk menunjukkan skala operasi yang lebih global. Selain itu, perusahaan tersebut memperkenalkan logo baru dengan menambahkan lingkaran ketiga untuk dua lingkaran yang telah digunakan pada masa lalu (logo MasterCard yang lebih dikenal, menyerupai diagram Venn, tetap tidak berubah). Sebuah tagline perusahaan yang baru diperkenalkan pada waktu yang sama: “The Heart of Commerce”.

Leave a comment